quote


"Following your passion for years, you will surely become somebody one day." Rancho - 3 Idiots

Saturday, February 6, 2010

Kita dan Mereka

hey hey hey!
miss u so my blog :)
seminggu ngga ngupdate nih.. dikarenakan kesibukan yang makin menggila. hihi.
abis emang ngga sempet sih.

nah, giliran udah ada waktu ol aja, no idea!
ilang deh semua inspirasi-inspirasi saya waktu itu yang niatnya bakal saya post di sini.

apa ya? *inget-inget*

mm .. *masih inget-inget*

O I Y A !! *inget!*

saya kan mau ngepost ceritanya Bu Retno (guru bahasa Jerman) yang waktu itu yak. okeh okeh.. tapi udah lumayan lama itu, udah dari Selasa deh kalo ga salah. jadi agak agak lupa sih. ga papa yee.. :D



"saat mempelajari bahasa suatu negara, mau tidak mau kita akan mempelajari budayanya juga"

gitu dah kata ibunya. bener juga sih. nah, maka dari itu.. kita diceritain pengalaman Bu Retno pas beliau tinggal di Jerman dulu. ini diceritain cuman hal-hal yang ngga biasa kita temuin di Indonesia aja..


kalo di Jerman sana, misalnya kita mo nyeberang jalan, kita ga usah susah susah nunggu lama sampe mobil mobil pada sepi. kita cukup berdiri aja di trotoar, di samping zebra cross, eh semua kendaraan udah pada berhenti otomatis! wow, that's great!

trus, kaya di negara-negara barat kebanyakan, air di sana tuh mahal. malah, misalnya kita di tempat makan gitu, harga air mineral tuh lebih mahal dari minuman minuman lain. kita kan kebalikannya yaa. *thanks God*. air di sana juga udah layak minum semua. maksudnya, mo air kran kek, mo air apa kek, itu udah bisa diminum langsung. ga pake direbus ato segala macem. jadi, misal kita haus di tengah jalan, cari kran aja. tinggal buka mulut, ilang deh hausnya :)

nah, yang paling bikin kaget nih, masa kata bu Retno orang Jerman mandi cuma dua kali seminggu coba! waww. ya iya lah anak-anak kaget. tapi, setelah dijelasin, ternyataa.. di Jerman, ada dua macam mandi. yang satu namanya baden, yang satunya lagi duschen. baden itu kurang lebih sama lah kaya mandi kita biasanya yang dua kali sehari itu. tapi disana cuma dua kali seminggu men. nah, yang duschen itu mandi ga pake sabun! dan mereka duschen itu tiap hari..
ada tiga komentar di pikiran saya pas bu Retno bilang gitu, *beuh, ribet banget ya kayanya, mandi aja ada klasifikasinya hahah* dan *eh tapi enak juga sih kita ga usah susah susah pake sabun. hemat sabun. hemat air. hemat waktu* juga *tapi tapi tapi.. jorok ihhh!*
dan sekali lagi, bu Retno ngejelasin ke kita. "mungkin bagi kita memang cara mandi seperti itu jorok ya, tapi tentu saja mereka punya alasan sendiri, kenapa mereka mandi seperti itu. perlu kalian tahu, saat hari-hari pertama saya di sana, saya juga berpikiran seperti kalian. 'ih jorok ya, masa mandi cuma dua kali seminggu.' jadi saya masih tetap mandi ala Indonesia, dua kali sehari dengan sabun. dan ternyata setelah beberapa hari, kulit saya kering dan mengelupas. lalu saya bertanya kepada teman saya yang meman asli Jerman, kata dia, itulah sebab kenapa orang Jerman biasanya mandi tanpa sabun. karena kulit akan mudah kering. sebab kita tahu sendiri ya, suhu di sana dibandingkan dengan Indonesia sangat jauh berbeda."




"however, we're not the same. but everyone must be have their own characteristic. just be proud of what you have now!"

No comments:

Post a Comment